Kabupaten Batang Gelar Seleksi Calon PASKIBRAKA Tahun 2023

Batang – infobatang.com | Ratusan pelajar mengikuti seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Kabupaten Batang Tahun 2023 yang diadakan oleh Pemkab Batang melalui Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (DISPARPORA) Kabupaten Batang di Gedung Olahraga Abirawa, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Senin (06/3/2023).

Kegiatan ini digelar dalam rangka jelang persiapan HUT RI ke 78. Dimana proses tahapan seleksi dilakukan oleh tim penguji dari Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten batang yang dibantu oleh Anggota TNI & POLRI serta Pengurus Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Batang.

Kepala Disparpora Kabupaten Batang, Yarsono, S.IP. M.M., menjelaskan, bahwa seleksi Paskibraka Tingkat Kabupaten tersebut diikuti sebanyak 349 peserta. Dimana hanya 326 peserta lolos seleksi administrasi dan berhak melanjutkan ke tahap seleksi parade yang terdiri atas 155 putra dan 171 putri dari seluruh SMA, SMK dan MA di Kabupaten Batang.

“Dari 349 peserta yang mengikuti seleksi, hanya 326 yang lolos administrasi. nantinya akan dipilih 75 orang yang terdiri atas 50 peserta laki-laki dan 25 peserta perempuan yang akan mengikuti pemusatan pelatihan Paskibraka. Selain itu juga, kami akan mengirim 2 putra dan putri terbaik utusan perwakilan Kabupaten Batang untuk seleksi ditingkat Provinsi Jawa Tengah,” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa tahapan penerimaan dan pendaftaran calon Paskibraka berbeda dengan tahun sebelumnya, karena dilakukan secara online melalui aplikasi transparansi paskibraka di https://paskibraka.bpip.go.id yang bertujuan upaya menerapkan digitalisasi pelayanan publik Pembentukan Paskibraka, khususnya dalam mewujudkan sistem rekrutmen dan seleksi Pembentukan Paskibraka yang lebih berkeadilan, transparan dan akuntabel.

“Seleksi Paskibraka tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, karena diterapkannya aplikasi transparasi paskibraka dalam bentuk website. Akan tetapi hal tersebut bukan menjadi suatu kendala. Melalui Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (DISPARPORA) Kabupaten Batang bersama Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Batang sejak bulan Januari telah menggelar sosialisasi seleksi Paskibraka di berbagai sekolah, tentunya para calon pendaftar sudah mengerti tentang bagaimana teknis seleksi nantinya,” tambahnya.

Peserta Seleksi ZcPaskibraka menunggu giliran

Sementara itu salah satu pelatih paskibraka, M. Ramli mengatakan, bahwa pola pelatihan Paskibraka Tingkat Kabupaten Batang masih sama dengan tahun sebelumnya, yaitu adanya pemusatan latihan selama 15 hari dari awal bulan Agustus dimana akan dilatih fisik, mental, karakter dan sikap disiplin.

“Para calon paskibraka ini akan di didik secara fisik, mental, sikap disiplin dan karakter sebagaimana pantasnya seorang Paskibraka. Mereka akan dibina selama 15 hari terhitung dari awal bulan Agustus sampai hari penugasan. Diawali dengan olahraga pagi, pelatihan baris – berbaris, formasi, dan yel yel juga,” ungkapnya.

Disisi lain, ketua Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Batang, Maya Damayanti berharap dengan diadakannya seleksi calon paskibraka ini dapat menemukan dan mencetak kader unggul yang bisa mewakili Kabupaten Batang ke Tingkat Provinsi bahkan Nasional.

“Semoga tahun ini dapat mencetak kader yang dapat masuk ke tingkat Provinsi, syukur bisa ke Nasional. Mengingat sejauh ini belum ada perwakilan Kabupaten Batang yang maju ke Tingkat basional,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *