Balai Kelurahan Kauman Dipadati Pemohon KTP

Warga diarahkan untuk menggunakan aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang bisa diunduh di Playstore

BATANG, INFOBATANG-Balai Kelurahan Kauman, Kec. Batang dipadati warga pada Senin pagi (6/3/23). Sebagian besar merupakan warga Kel. Kauman yang hendak mengurus KTP, baik penerbitan KTP elektronik baru maupun perubahan data (pindah).

“Saat ini untuk para pemohon baik baru atau perubahan data memang diarahkan untuk menggunakan aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang bisa diunduh di android”, ujar petugas register Kel. Kauman Rian.

“Setelah mengisi data di aplikasi, lalu data tersebut akan diverifikasi oleh petugas dari Disdukcapil dengan pemindaian barcode”, tambahnya.

Kelurahan Kauman & Disdukcapil Batang melakukan kegiatan jemput bola dalam rangka memudahkan masyarakat yang ingin mendapatkan layanan cepat terkait pelayanan KTP.

“Jumlah material (blangko) KTP memang terbatas, tiap-tiap kabupaten ada kuotanya tersendiri, hal ini terkadang membuat antrian pencetakan menjadi lama”, terang Rian.

“Penggunaan aplikasi IKD ini merupakan solusi bagi yang butuh mendesak, seperti pindah alamat atau urusan lain yang membutuhkan data KTP terverifikasi”, Rian menjelaskan.

Sementara itu, Lurah Kauman Mugianto, S.E., menjelaskan bahwa warga yang hari ini belum sempat hadir bisa langsung mengunduh aplikasi di Playstore. “Bagi warga yang hari ini berhalangn hadir, bisa mengunduh dan mengisi data-data dulu”, terangnya. “Nanti kalau audah lengkap bisa diverifikasi di Disdukcapil dengan pemindaian”, ujarnya menutup wawancara. (FU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *