Kenang Minuman Jadul Orson, RB Apresiasi Pawone Simbah sebagai Destinasi Wisata Kuliner dan Pusat Oleh-oleh Khas Batang

BATANG, INFOBATANG.COM – Seorang anggota senior Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pusat, Rizal Bawazier, berwisata kuliner di Kabupaten Batang pada Jumat sore (29/9/2023). Pria yang akrab disapa Pak RB ini sempat mencicipi hidangan lokal ketika singgah di Rumah Makan Pawone Simbah yang berlokasi di Desa Lebo Warungasem Batang.

Meskipun tempatnya agak jauh dari hiruk pikuk kota, Rizal menghargai konsep restoran tradisional ini. Tidak hanya suasana vintage-nya, tapi juga hidangan kulinernya membawanya bernostalgia ke masa kecilnya.

“Jadi inget jaman SD”, ujarnya sesaat setelah mencicipi salah satu minuman lokal legendaris, Limun Oriental. Minuman yang oleh warga Pekalongan Raya lebih dikenal sebagai orson ini juga disajikan di Pawone Simbah. RB mengaku minuman tersebut merupakan minuman favoritnya saat masih SD lebih dari 40 tahun yang lalu.

RB saat singgah di Pawone Simbah (29/9/2023)



“Duh, ini enak banget, malah lebih enak daripada es Orson waktu saya masih SD dulu. Ternyata ini produk dari Pekalongan ya, mungkin suatu saat kita bisa mampir ke pabriknya,” ujarnya lagi.

Tidak hanya limun, di sini RB juga menikmati berbagai hidangan kuliner lainnya, seperti mangut lele, nasi liwet, dan ragam makanan lain. Selain kenikmatan makanannya, konsep Pawon yang diterapkan di sini juga memberikan pengalaman visual yang menyenangkan bagi pengunjung.

RB menyatakan bahwa pengunjung benar-benar merasa seperti sedang berkunjung ke rumah nenek mereka, terutama dengan sentuhan vintage yang ada.

“Rasanya enak, dan konsepnya bagus. Menurut saya, belum banyak yang menawarkan konsep seperti ini. Saya sangat merekomendasikannya sebagai destinasi wisata kuliner di Kabupaten Batang,” tambahnya.

Politisi PKS ini juga memberikan apresiasi untuk Pawone Simbah yang berkolaborasi dengan UMKM lokal dalam menyediakan oleh-oleh. Selain memudahkan para wisatawan, kolaborasi ini juga mendukung pemberdayaan UMKM lokal.

“Di sini juga tersedia beragam oleh-oleh yang dibuat oleh UMKM Lokal. Kami sangat menghargai inisiatif ini, karena Pawone Simbah memberikan wadah pemasaran bagi UMKM lainnya. Hal ini sangat sesuai dengan semangat kolaborasi yang kini tengah berkembang, bukan lagi era persaingan,” tandas RB menutup wawancara.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *