Tumbuhkan Nilai Luhur, SMK N 1 Kandeman Gelar Lomba Busana Bertajuk Kartini Masa Kini

Batang, infobatang.com – Sejumlah pelajar di SMK Negeri 1 Kandeman menggelar kegiatan Halal Bi Halal (HBH) dengan menggunakan busana batik yang dipoles dalam lomba peragaan busana ala Kartini masa kini di Lapangan SMK N 1 Kandeman, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Rabu (26/4/23).

Salah satu pendidik, Hikma Nurul Izza mengatakan, anak didik dari kelas X dan XI wajib mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti even ini, dengan berbusana ala RA. Kartini, namun dengan tampilan yang lebih modern.

“Ada 26 kelas yang berpartisipasi dan tiap kelasnya mengirimkan 7 tujuh perwakilan,” katanya, saat ditemui di halaman sekolah.

Tema yang diberikan pada anak-anak adalah kebebasan, agar lebih variatif. Anak-anak dapat berbusana muslim atau mengenakan busana adat suku lain. Hal ini bertujuan untuk memotivasi anak-anak untuk terus memperjuangkan nilai-nilai luhur yang ditanamkan RA Kartini.

Salah satu panitia, Sahira Safitri Pebriani menerangkan, proses persiapannya memakan waktu selama satu bulan lebih atau selama Ramadan.

“Persiapannya sudah dari jauh-jauh hari, bahkan dari sebelum Ramadan,” ujar dia.

Panitia menyiapkan hadiah berupa trophy dan uang pembinaan bagi perwakilan kelas yang dapat menampilkan busana yang anggun, layaknya Kartini masa kini. (Satria/Batang)

Editor : Satria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *