Klimatologis BRIN : Hujan Deras Akan Terus Turun Setidaknya Sampai 10 Maret

BATANG, INFOBATANG-Ahli klimatologi Badan Riset & Inovasi Nasional Erma Yulihastin memperkirakan hujan yang mengguyur Jateng dan Jatim akan turun hingga 10 hari kedepan. Hal ini terjadi akibat vorteks Borneo yang meluruh dan mengarah ke pulau Jawa.



Melalui twitnya, Erma menjelaskan penyebab hujan deras akhir-akhir ini adalah CENS dan Vorteks Borneo. CENS adalah penguatan angin dari utara yang memiliki kecepatan rata-rata di atas 5 m/det di wilayah Laut China selatan bagian selatan dekat Laut Jawa. “Berdasarkan pantauan, indeks CENS mulai aktif sejak 21 Februari hingga sekarang. Angin dari utara yg kuat ini telah berperan memperkuat angin monsun hingga 2-3 kali lipat semula, sehingga memengaruhi angin kencang yg marak terjadi saat ini”, ungkap Erma melalui akun twitternya.

“Vorteks adalah pusaran angin yang memiliki radius putaran pada skala meso, yaitu antara puluhan hingga ratusan kilometer. Saat ini, vorteks Borneo mulai terbentuk dekat ekuator di atas Laut China Selatan”, ujar Erma dalam sebuah utas yang ia buat.

Saat ditanya oleh netizen pengguna Twitter mengenai sampai kapan fenomena ini akan terjadi, Erma pun mengungkapkan terawangannya. “Waspada aja selama dasarian pertama Maret ya. Berarti sampai tgl 10”, terang wanita bergelar doktor ini. (FU)

Grafik Curah hujan tinggi di Jawa Tengah dan Jawa Timur (Dok. Erma Yulihastin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *