Desak Penghentian Serangan Israel Ke Gaza, Aliansi Masyarakat Batang Peduli Palestina Gelar Aksi dan Galang Bantuan Kemanusiaan

BATANG, INFOBATANG – Massa berjumlah kurang lebih 2000 orang melakukan pawai dukungan untuk Palestina pada Ahad pagi (2/6). Sambil berjalan, mereka  kompak meneriakkan slogan “Free-free Palestine”. 

Massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Batang Peduli Palestina tersebut memusatkan kegiatan orasi di area Jl. Veteran. Aksi pagi itu merupakan lanjutan dari aksi serupa yang digelar beberapa bulan silam. 

Dok. IG. Infobatang

Acara kemudian dilanjutkan dengan pawai melewati Jl. Ahmad Yani – Jl. Gajah Mada – Jl. Brigjen Katamso untuk kemudian kembali finish di Jl. Veteran. Terpantau iring-iringan peserta pawai mengular sejauh kurang lebih 1 Km. 

Koordinator aksi, Kuswanto, mengatakan bahwa selain untuk merespon dinamika mutakhir yang terjadi di Rafah/Gaza, aksi ini juga bertujuan untuk menyerukan kembali pentingnya isu kemerdekaan Palestina. Kuswanto juga menjelaskan bahwa sekecil apapun, kepedulian terhadap rakyat Palestina harus bisa diejawantahkan. 

“Selain aksi seruan, dalam kegiatan ini kami juga melakukan penghimpunan dana”, terang Kuswanto. “Dana yang dihimpun selanjutnya akan disalurkan baik melalui LAZ masing-masing ormas, ataupun melalui BAZNAS”, imbuhnya. 

Menurut Kuswanto, beberapa komunitas turut serta ambil bagian. Mulai dari Ibu-ibu pengajian, remaja putra-putri, hingga aktivis ormas. 

“Untuk komunitas yang terlibat ada SSC, Kampung Hijrah, Omah Tani, lalu AWG, FORKA, Rumah Qur’an dan beberapa pesantren”, ujarnya.

Kuswanto berharap blokade dan serangan Israel bisa dihentikan sehingga bantuan kemanusiaan bisa masuk. “Itu yang paling prioritas menurut kami”, ujar Kuswanto.

Ia menambahkan, ke depan akan dilakukan aksi lanjutan di beberapa kota kecamatan seperti Limpung dan Bandar. 

Pihaknya juga secara aktif melakukan penggalangan dana maupun bantuan lain untuk rakyat Palestina meskipun tidak sedang menggelar aksi. “Ya, untuk penggalangan bantuan memang setiap saat kita lakukan, untuk hal ini kami berkoordinasi dengan BAZNAS”, tandasnya. (FU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *