Damkar Terjunkan Robot Pengurai Kebakaran untuk Padamkan Gudang Amunisi TNI

INFOBATANG.COM, BOGOR – Dinas Penanggulangan Pemadam Kebakaran dan Penyelamat (Dinas Gulkarmat) DKI Jakarta telah aktif terlibat dalam upaya pemadaman kebakaran yang melanda gudang amunisi Artileri Medan (Armed) di Desa Ciangsana, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat pada Minggu (31/3/2024) sekitar pukul 02.00 WIB.

Menyikapi permintaan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Dinas Gulkarmat DKI Jakarta mengirimkan tim pemadam yang terdiri dari 14 unit mobil pemadam kebakaran serta 2 unit robot pemadam jenis Dok-Ing MVF-5 U3 dan LUV-60 untuk membantu dalam proses pemadaman yang cukup menantang tersebut.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengimplementasikan berbagai strategi dalam upaya pemadaman, termasuk pendinginan pada gudang yang tidak terdampak serta penggunaan dua robot pemadam canggih yang dapat dikontrol dari jarak 500 meter untuk membantu pemadaman di lokasi yang sulit dijangkau.

“Kami memusatkan perhatian pada gudang yang terkena dampak langsung dan melakukan pendinginan pada gudang yang belum terdampak. Kami juga menggunakan dua robot untuk membantu proses pemadaman,” ungkap Satriadi.

Selain itu, dalam proses pemadaman ini, tidak digunakan air seperti pemadaman pada umumnya, melainkan menggunakan foam khusus yang lebih efektif.

“Kami menggunakan foam khusus untuk pemadaman ini. Kami melakukan penyemprotan foam untuk memadamkan api, bukan menggunakan air seperti biasa. Teknik ini memungkinkan kami untuk membuat partikel-partikel kecil yang efektif dalam memadamkan api,” jelasnya.

Sejumlah video yang beredar di media sosial memperlihatkan lokasi kebakaran yang diduga merupakan gudang peluru milik Batalyon Artileri Medan atau Yon Armed 7. Asap pekat terlihat membumbung tinggi, sementara suara ledakan terdengar di area tersebut. Rekaman juga menampilkan beberapa amunisi seperti granat yang terlempar ke pemukiman warga di sekitar lokasi kejadian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *