SDN Karangtengah 1 Wujudkan Sekolah Berkeunggulan Seni Melalui Gelaran Budaya

INFOBATANG.COM, BATANG – Sebagai langkah mewujudkan sekolah berkeunggulan lokal seni budaya, SD Negeri Karangtengah 01 menggelar acara gelar budaya. Gelaran seni budaya ini tidak hanya menjadi ajang pertunjukan semata, tetapi juga sebagai sarana pengembangan bakat dan minat peserta didik dalam seni karawitan dan tari daerah.

Salah satu keunikan dari acara ini adalah keterlibatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari masyarakat sekitar. Pengunjung dapat menikmati produk-produk lokal yang ditawarkan, menciptakan suasana pasar tradisional di sekitar lokasi acara seni budaya.

Kepala Sekolah Yustin Susanti, M.Pd, menyampaikan bahwa SD Negeri Karangtengah 01 dipercayakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang sebagai sekolah berkeunggulan lokal seni budaya, sesuai dengan surat keputusan bupati. Dengan kepercayaan ini, sekolah berkomitmen untuk memberikan pelayanan, pendampingan, dan pelatihan dalam bidang seni karawitan dan seni tari daerah kepada para peserta didik.

“SD Negeri Karangtengah 01 adalah salah satu sekolah yang mendapat kepercayaan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang sebagai sekolah berkeunggulan lokal seni budaya, sebagaimana ditetapkan dalam surat keputusan bupati batang nomor 900/478/2023. Oleh karena itu,kami termotivasi untuk mewujudkan hal tersebut dengan melayani, mendampingi dan melatih para peserta didik dalam bidang seni karawitan dan seni tari daerah” jelasnya saat memberikan sambutan di Halaman SD N Karangtengah 01, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, Sabtu (23/12/23).

Dalam acara seni budaya yang digelar, para peserta didik menampilkan berbagai seni karawitan, seperti panembromo, ladrang pariwisoto, jago kate, pepiling, nyoto kuwi wasis, gojago, kuwi opo kuwi, serayu, dan sigrak karangtengah. Tarian tradisional seperti gambyong, tampahan, dan asmarandhana juga turut memukau penonton. Tak hanya itu, setiap kelas juga memberikan penampilan istimewa.

Sementaraa itu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Batang Bambang Suryantoro S., S.H., M.Si melalui Yuliyanto S.P selaku Kabid SD Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Batang memberikan apresiasi atas inovasi yang ditunjukkan oleh SD Negeri Karangtengah 01 dalam bidang seni.

“Tak hanya unggul dalam sekolah adiwiyatanya saja, tapi dalam hal seni. Bisa kita lihat tadi ada karawitan, tarian-tarian, dan kuda lumping pada saat penyambutan kedatangan rombongan kami.

Lebih lanjut, dirinya berharap dengan adanya inovasi baru dalam hal seni ini, dimana penitngnya dokumentasi terhadap karya seni sehingga mampu menjadi motivasi bagi sekolah lain dan khalayak umum.

“Yang saya inginkan karya baru yang dibuat harus dibukukan, baik itu karawitan dan gamelan sudah dibukukan, tapi seperti tadi ada tarian tampahan yang baru yang diciptakan. Kedepanya tahapan-tahapan bagaimana cara menari dengan baik. Dimana nantinya dapat dievaluasi, kemudian bisa diikuti tidak hanya di karangtengah saja, tetapi sekolah lain juga,” harapnya.

Sorak sorai dan tepuk tangan riang terdengar dari masyarakat sekitar yang sangat antusias menyaksikan penampilan anak-anak sekolah. Beberapa bahkan ikut bergabung dalam suasana penuh semangat tersebut, memberikan dukungan langsung kepada peserta didik. Acara ini tidak hanya memperkuat eksistensi seni budaya lokal di lingkungan sekolah, tetapi juga mendukung pengembangan ekonomi lokal melalui partisipasi UMKM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *