Dorong Kualitas dan Peran Santri di Masyarakat, BKLPQ Kec. Blado Gelar Festival Anak Sholeh

BATANG.INFOBATANG.COM – Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan Qur’an (LPQ) Kecamatan Blado menyelenggarakan Festival Anak Sholeh Indonesia di MTS As-Sa’id Cokro, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang pada Minggu, (29/10/2023). Acara dilaksanakan pukul 08.00 hingga 17.30 WIB dan dihadiri oleh secara langsung oleh seluruh jajaran struktural Badan Koordinasi LPQ Kec. Blado.

Tema yang diusung oleh penyelenggara adalah “Bisa Menjadi Juara”. Dengan tema tersebut, benar-benar mampu menjadi (juara) setelah memiliki bekal yang dibutuhkan. Lebih lanjut, santri juga diharap bisa berperan aktif di masyarakat serta mengembangkan ilmu keagamaan.

Penampilan peserta lomba
(Dok. Infobatang/Ummi Hanik)

Kurang lebih ada 30 TPQ se-Kecamatan Blado yang ikut berpartisipasi. Terdapat 13 cabang lomba yang dapat diikuti oleh para peserta, seperti lomba kaligrafi, baca puisi, pentas seni dan lain sebagainya.

Suasana arena perlombaan
(Dok. Infobatang/Ummi Hanik)

“Melalui pelaksanaan Festival Anak Sholeh ini dapat melahirkan generasi – generasi yang lebih Qur’ani yang mampu mempunyai peran lebih dalam masyarakat, baik dalam bidang keilmuan keagamaan maupun sosial kemasyarakatan bermanfaat untuk lingkungan masyarakatnya.” Ucap Tarozi, S.H.I selaku ketua panitia.

Lebih lanjut, kegiatan ini merupakan upaya peningkatan kemampuan santri agar bisa tampil didepan masyarakat. Dijelaskan juga, kegiatan ini murni sebagai penjaringan seberapa jauh kompetisi santri TPQ di Kabupaten Batang.

“Semoga dengan terselenggaranya acara ini dapat meningkatkan kualitas serta semangat belajar mengaji para santri TPQ khusunya di Kecamatan Blado agar lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, sekaligus menjadi generasi yang betul-betul Qur’ani untuk memajukan dan berjuang di Negara Indonesia.” ujar H. Cahyo, S.H selaku ketua BADCO LPQ Kecamatan Blado.

Kebetulan pada tahun ini bersamaan dengan Hari Santri Nasional (HSN). Sebenarnya Festival Anak Sholeh diadakan setiap 2 tahun sekali oleh BADCO Kabupaten Batang, kemudian diturunkan ataupun dilaksanakan pada setiap Kecamatan di Kabupaten Batang.

Pewarta: Ummi Hanik

Editor: Fiza Umami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *