Bersatu Menjaga Keseimbangan Alam, Pelajar NU Batang Gelar Aswaja Youth Camp (AYC) 2023

INFOBATANG.COM, BATANG – Dalam upaya menjaga keseimbangan dan kelestarian lingkungan hidup, Pelajar NU Kabupaten Batang menggelar Aswaja Youth Camp (AYC) di Lapangan Desa Silurah, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Jawa Tengah (29/9/2023).

Ketua PC IPPNU Kabupaten Batang, Lies Naeni, mengungkapkan keprihatinannya atas situasi bumi yang kini dihadapkan pada tiga krisis planet, yaitu darurat iklim, kehilangan keanekaragaman hayati, dan peningkatan polusi serta limbah. Oleh karena itu, Pelajar NU Batang bersatu dalam kampanye dan aksi peduli lingkungan.

“Kita menyadari bahwa lingkungan hidup yang bersih dan sehat adalah hak asasi setiap generasi,” ungkap dia.

Dirinya berharap, melalui kampanye, gerakan, dan aksi lingkungan hidup, akan mendorong gerakan revitalisasi lingkungan yang sangat diperlukan.

Kegiatan utama dalam gerakan pembaharuan lingkungan meliputi penyebaran benih-benih ikan di Sungai, penanaman pohon beringin, dan pohon aren di Kawasan Syailendra.

Sementara itu salah satu narasumber Zaim Ahya, mengatakan, bahwa dalam kitab Naasaihul Ibad, bahwa seluruh perintah Allah Subhanahu mengarah pada dua hal, yaitu mengagungkan Allah SWT dan perilaku berbelas kasihan kepada seluruh makhluk-Nya.

“Ada lima tujuan syariat, yaitu menjaga agama, menjaga jiwa, menjaga keturunan, menjaga akal, dan menjaga harta,” kata dia.

Kelima hal tersebut tidak akan tercapai secara sempurna apabila alam tidak dijaga dengan baik. Melalui AYC, kesadaran untuk menjaga lingkungan sebagai perintah agama dapat tumbuh.

“IPNU dan IPPNU perlu mendorong pemerintah untuk menerapkan pembangunan yang tidak hanya berfokus pada peningkatan ekonomi, tetapi juga memperhatikan kelangsungan ekologi dan memperhatikan aspek sosial budaya,” pungkasnya.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dari tanggal 29 September 2023 – 1 Oktober 2023 , dengan rangkaian acara sosialisasi dari Badan Pengawasan Pemilu (BAWASLU) dan Komisi Pemilihan Pemilu (KPU), serta pemberian edukasi mengenai pengelolaan sampah. Selain itu, AYC juga mengadakan berbagai kegiatan prestasi, termasuk Lomba Cerdas Cermat (LCC), khitobah, tembang macapat, dan hasta karya untuk tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), serta lomba videografi, tari kreasi tradisional, debat, dan kitab kuning untuk tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). Pada tingkat Pimpinan Anak Cabang (PAC), diadakan lomba administrasi dan Lomba Kreasi Baris Berbaris (LKBB).

Editor : Satria Wahyu Kusuma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *