Gelar Upacara Tingkat RT,  Warga Sejiret Terima Penghargaan dari KORAMIL 10/0736 Batang

BATANG, INFOBATANG.COM – Gelora nasionalisme dan semangat kemerdekaan yang tinggi membuat warga RT 04 RW 08 Kadilangu Kauman Batang terdorong untuk menyelenggarakan upacara bendera setingkat RT pada Kamis (17/08/2023). Waktu persiapan yang mepet tak membuat semangat para petugas upacara surut. Mereka pun akhirnya diganjar penghargaan oleh Koramil 010/0736 Batang.

Beberapa warga yang ditunjuk menjadi petugas upacara mengaku sudah bertahun-tahun tak mengikuti upacara. Bahkan ada yang mengaku belum pernah menjadi petugas sama sekali.  “Sudah puluhan tahun saya tidak mengikuti upacara, oleh karena itu saya sangat bersemangat saat mendengar kabar bahwa warga RT akan menyelenggarakan upacara”, ungkap salah satu warga yang tak mau disebutkan namanya.

Warga RT 04 RW 08 mengikuti Upacara Bendera 17 Agustus 2023 (Dok. Infobatang)

Beberapa warga yang ditunjuk menjadi petugas memiliki profesi yang beragam. Sebagian besar diantara mereka merupakan karyawan swasta.

Zanwar Irkham (41),  Ketua RT 04 RW 08 Kadilangu Kauman Batang mengungkapkan kepada Infobatang.com bahwa antusiasime warga sangat tinggi. “Bisa dibilang, ide muncul secara dadakan, namun karena semua petugas bersemangat, upacara dapat berjalan dengan lancar”, tandasnya.

Warga nampak antusias ikuti Upacara (Dok. Infobatang)

Selama proses latihan, para petugas dilatih oleh dua orang warga setempat yang kebetulan merupakan purnawirawan POLRI. “Saya melihat, semua warga bersemangat hadir,  ini tentu perkembangan yang positif untuk RT 04 RW 08 Kauman Batang”, ujar AKP (Purn) Ahmad AlMunasifi. Mantan Kapolsek Batang Kota ini merupakan warga Sejiret yang ditunjuk menjadi pelatih selama masa persiapan.

Penyerahan hadiah Lomba Agustusan oleh Ketua RT 04 RW 08 (Dok. Infobatang)

“Semua petugas menjalankan tugasnya dengan baik, walaupun beberapa baru pertama kali menjadi petugas, namun tidak terlihat kagok”, ujar AKP (Purn) Sayoko yang juga ditunjuk oleh warga menjadi pelatih upacara.

Atas inisiasi ini, warga RT 04 RW 08 Sejiret diberi penghargaan oleh Koramil 010/0736 Batang.  Bingkisan diberikan oleh Babinsa Kel. Kauman Serma Supriyadi  kepada salah seorang warga bernama Nino (42) yang yang saat itu bertugas sebagai pemimpin upacara. “Seumur-umur, baru kali ini saya menjadi petugas upacara, Alhamdulillah semua berjalan lancar”, ungkap Nino.

Apresiasi dan Penghargaan dari KORAMIL 10/ 0736 Batang

Upacara yang juga dihadiri Lurah Kauman dan pejabat dari Kecamatan Batang ini dilaksanakan dari pukul 07.00 WIB hingga 07.45 WIB. Seusai acara, para petugas, warga dan para pejabat yang hadir menyantap sajian khas Kabupaten  Batang yaitu sego megono. (FU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *