Dorong Kesadaran Pelajar, Kesbangpol Batang Luncurkan Buku “Aku Cinta Indonesia”

BATANG, INFOBATANG.COM – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Batang meluncurkan buku “Aku Cinta Indonesia” pada Selasa (21/11/2023) di aula Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Batang. Peluncuran secara resmi dilakukan oleh Pj. Bupati Dra. Lani Dwi Rejeki, M.M dan dihadiri oleh Kapolres Batang, AKBP Saufi Salamun, Komandan Kodim 0736/Batang Letkol Inf. Ahmad Alam Budiman, Pimpinan Kejaksaaan Negeri Batang, serta Ketua DPRD Batang Maulana Yusuf.

Kepala Badan Kesbangpol Dr. Agung Wisnu Barata S.Sos., M.M. mengatakan bahwa proyek buku “Aku Cinta Indonesia” merupakan proyek kebangsaan. “Ini adalah proyek kebangsaan sekaligus kemanusiaan, penerbitan buku ini sama sekali tidak berorientasi profit”, ujarnya dalam pidato sambutan.

Buku tersebut berisi pemikiran berbagai tokoh bangsa yang disajikan secara menarik dengan paduan grafis. “Pengalaman selama kami mengajar di universitas, masyarakat kita cenderung menyukai gambar. Dengan memadukan ilmu pengetahuan dan seni, harapannya buku ini akan mudah diterima”, imbuh Agung.

Tim Penyusun “Aku Cinta Indonesia” berdiskusi dengan Kapolres Batang AKBP Saufi Salamun saat acara peluncuran di aula pendopo Kab. Batang (21/11/23)
(Dok. Afif Numbo)

Buku “Aku Cinta Indonesia” disusun oleh sebuah tim dibawah koordinasi Badan Kesbangpol Batang yang terdiri atas para profesional di Bidangnya. Tim tersebut terdiri atas Afif Arianto sebagai ilustrator, Agus M. Irkham sebagai penulis naskah, Bagus Pambudi sebagai penulis pendamping, Eka Panca Wijaya sebagai penata letak (lay out) dan Ahmad Saefudin sebagai proof reader. Disamping itu, tim ini juga dibantu oleh para akademisi dari UNDIP diantaranya Prof. Dewi Sulistianingsih

“Di era digital, kalau kita tidak punya pemahaman terhadap konsep dasar bernegara maka akan berbahaya”, terang Agung. Dengan menyusun sebuah buku yang juga berisi gambar yang menarik, Kepala Badan Kesbangpol berharap para generasi muda dan masyarakat dapat dengan mudah menikmati karya tersebut. ” Kami juga berharap agar masyarakat Indonesia pada umumnya dan batang pada khususnya bisa menjadi manusia yang cerdas, berakhlak mulia, memegang teguh falsafah pancasila dan NKRI.

Pj. Bupati Batang saat memberikan sambutan (Dok. Infobatang/Fiza Umami)

Sementara itu Pj. Bupati dalam sambutannya mengungkapkan bahwa buku yang diterbitkan sangatlah menarik karena berbentuk seperti komik. “Ini mengingatkan seperti saat kami masih remaja dulu”, ujar Lani. Penjabat Bupati juga berharap agar para pelajar yang menghadiri peluncuran buku ini mampu berperan aktif dalam menjaga kondusivitas lingkungan menjelang pemilu 2024. “Peran adik-adik sekalian sangat dibutuhkan”, ujar Lani.

Penjabat Bupati juga berpesan kepada para pelajar agar mampu memfilter informasi. “Di era seperti sekarang, banyak sekali hoax, teman-teman harus mampu menyaringnya”, tandasnya. Lani mengungkapkan, di alam demokrasi, perbedaan adalah sesuatu yang wajar. “Menjelang pemilu, akan muncul banyak perbedaan diantara kita, namun perbedaan ini hendaknya jangan dijadikan sebagai permusuhan. Sebaliknya kita jadikan alat menjalin persatuan dan kesatuan”, terang Penjabat Bupati.

Penyerahan buku kepada pelajar oleh Ketua DPRD Batang Maulana Yusuf
(Dok. Infobatang/Fiza Umami)

Dalam acara tersebut, para peserta yang hadir dibagikan buku secara gratis. Harapannya para peserta yang hadir mampu menularkan nilai positif isi buku kepada lingkungan sekitar. (FU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *